December 4, 2023

Pengenalan Moto G54 5G

Moto G54 adalah upaya terbaru Motorola untuk mencapai keseimbangan sempurna antara harga dan kinerja. Dengan harga mulai hanya €199, smartphone ini tidak diragukan lagi terjangkau. Namun kita semua tahu bahwa ada beberapa sudut yang harus dipotong untuk mencapai titik harganya. Pertanyaan besarnya adalah apakah kekurangannya dapat ditanggung oleh rata-rata pengguna ponsel pintar. Mari kita cari tahu bersama.

Seperti pendahulunya, Moto G53, G54 menawarkan layar 120Hz yang mulus dan masa pakai baterai yang baik. Ini menampilkan resolusi layar yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya, dengan resolusi 2400 x 1080 dibandingkan dengan hanya 1600 x 720 piksel sebelumnya. Ini juga mendukung kecepatan pengisian daya yang lebih tinggi dan memiliki rasio layar-ke-tubuh yang lebih besar.

Saya telah menggunakan ponsel versi UE dengan baterai 5.000mAh yang mendukung pengisian daya kabel 20W. Ingatlah bahwa pasar lain mungkin menawarkan konfigurasi yang sedikit berbeda. Selain itu, Moto G54 5G Energy Version juga tersedia di beberapa tempat. Yang ini memiliki baterai 6.000mAh yang jauh lebih besar.

Kelebihan

  • Tampilan resolusi lebih tinggi dari pendahulunya
  • 5G siap
  • Performa yang layak untuk kisaran harganya
  • Kecepatan refresh 120Hz

Kontra

  • Layar LCD mengecewakan
  • Tidak ada kamera extremely lebar
  • Buka kunci wajah tidak berfungsi dengan sempurna
  • Cepat panas
  • Kecerahan maksimum tidak very best

Apa yang baru tentang perangkat ini

  • Resolusi tampilan lebih tinggi
  • Kecepatan pengisian lebih cepat
  • Desain ringan
  • Dapat merekam video pada 60fps

 

Pembuka Kotak Moto G54 5G

Seperti yang biasa dilakukan Motorola, Moto G54 hadir dalam kemasan polos dengan warna seperti kulit telur. Tidak ada keributan yang tidak perlu di kotaknya. Anda tidak akan mendapatkan perangkat ini dalam wadah yang mencolok.

Di dalam kotaknya, Anda memiliki ponsel cerdas itu sendiri (ya!), pengisi daya 20W dengan kabel pengisi daya USB-C, alat pelepas SIM, dan panduan pengguna. Berbeda dengan ponsel seri Moto G lainnya, ponsel ini tidak dilengkapi casing pelindung.

Spesifikasi Moto G54 5G

Paket standar
Di bawah ini, kami telah mencantumkan spesifikasi utama Moto G54.

Tidak ada yang terlalu inovatif dalam hal spesifikasi. Namun, saya suka ponsel ini memiliki layar beresolusi lebih tinggi dengan kecepatan refresh 120Hz. Selain itu, baterai 5.000mAh, meskipun tidak lazim untuk smartphone Motorola beranggaran rendah, menurut saya juga merupakan sesuatu yang patut diapresiasi.

Motorola pasti mendengarkan ketika pengguna mengeluhkan buruknya kecepatan pengisian daya pada Moto G53. G54 memiliki kecepatan pengisian daya yang lebih tinggi yaitu 20W.

Desain dan Warna Moto G54 5G

Setipis wafer
Moto G54 mungkin murah, tetapi Anda tidak bisa mengatakan itu murah hanya dengan melihat atau memegangnya. Perangkat ini seluruhnya terbuat dari plastik, dengan permukaan seperti matte di bagian belakang yang terasa sangat halus saat disentuh dan tahan terhadap sidik jari sampai batas tertentu.

Selain itu, tidak terdapat brand yang terlalu besar dan berantakan di bagian belakang yang dapat merusak tampilan ponsel. Hanya ada satu brand Motorola yang tidak mencolok diposisikan di tengah perangkat.

Layarnya tidak memiliki kaca melengkung, sesuatu yang mungkin disukai pengguna. Selain itu, meskipun ponsel ini memiliki panel berukuran sedang berukuran 6,5 inci, namun sangat nyaman untuk digenggam dengan satu tangan, terutama karena desainnya yang ringan. Bahkan pengguna dengan tangan lebih kecil, seperti saya, dapat menggunakannya dengan mudah. Kontrol suaranya terasa agak tinggi, tapi saya yakin pengguna dengan jari yang lebih panjang tidak akan merasa tidak nyaman.

Ponsel cerdas ini cukup ringan, yang mengejutkan saya. Beratnya sekitar 10 gram lebih ringan dari pendahulunya, dengan berat hanya 177g. Moto G54 memiliki peringkat IP52 dan diiklankan sebagai anti air. Sebenarnya, peringkat IP ini berarti perangkat terlindungi dari masuknya debu dan semprotan air secara terbatas. Kami menyarankan untuk ekstra hati-hati saat berada di dekat air.

Dari segi warna, ponsel finances Motorola hadir dalam:

  • Biru Tengah Malam
  • Biru nila
  • Hijau mint
  • Gletser Biru

Tampilan Moto G54 5G

Tidak cukup baik
Moto G54 dilengkapi panel FHD+ IPS LCD 6,5 inci dengan resolusi 2400 x 1080. Seperti yang dijelaskan di atas, resolusi layar ponsel ini jauh lebih baik daripada yang Anda dapatkan di G53. Saya tidak melihat adanya pikselasi apa pun.

Peningkatan lebih lanjut pada tampilan yang layak adalah kecepatan refresh 120Hz yang cepat dan responsif. Menjelajah net dan menonton video, bahkan dalam resolusi 4K, terasa menyenangkan di ponsel ini. Tidak ada kegagapan atau kelambatan yang tidak menyenangkan.

In tune with the instances, the Moto G54 provides three refresh charge modes, identical to its predecessor. So, you get Auto, 120Hz, and 60Hz. I’ve caught to the Auto choice since I acquired this cellphone, which permits me to get the perfect of each worlds: quick refresh charge once I want it and optimization for higher battery life once I don’t. It’s price mentioning that the cellphone has only a 60Hz refresh charge when in Battery Saver mode.

The colour temperature is greater than acceptable, and you too can change between two colour modes: Pure and Saturated. I examined each of those and at last opted for the previous mode, because it felt extra pure to my eyes.

On the draw back, the glass that protects the entrance show is manner too reflective for my style. As if that’s not sufficient, the display screen is a bit darkish, primarily as a result of the brightness is way from very best.

Additionally, I can’t assist however really feel a bit upset with the LCD show know-how. That’s already a really outdated know-how. Even budget-friendly gadgets like this one have began adopting OLED shows, so Motorola might have executed higher on that entrance.

We run impartial lab assessments counting on skilled colour calibration gear and software program. You may see what we’ve discovered within the desk above. Provided that its most and minimal brightness is way from adequate, it’s very onerous to advocate this cellphone.

I discovered it extremely difficult to see visuals when outdoors. However what’s even unusual is that the cellphone doesn’t actually look that vivid once you’re utilizing it indoors. General, regardless that the show boasts a responsive 120Hz refresh charge, I don’t suppose it’s ok to fulfill the wants of the common person.

Moto G54 5G Digicam

Uncannily good performer

Langsung saja, saya harus menyarankan Anda untuk tidak mengharapkan ekspektasi tinggi apa pun pada bagian depan kamera. Meski begitu, foto yang dihasilkan Moto G54 jauh dari kata buruk untuk kisaran harganya.

Perangkat ini memiliki pengaturan kamera ganda di bagian belakang dengan sensor utama 50MP dengan OIS dan kamera makro 2MP. Yang terakhir ini praktis tidak berguna, tetapi masih ada jika Anda ingin memainkannya. Di bagian depan, Anda mendapatkan kamera 16MP dengan mode Potret yang memungkinkan Anda mengambil foto-foto hebat yang layak untuk Instagram (selama Anda tidak menggunakan mode Potret.)

Kamera Utama – Hari

Menurut saya, mencoba mengambil foto yang sempurna dengan Moto G54 adalah sebuah kegagalan. Di bawah sinar matahari langsung, hasil jepretan tampak menyenangkan, tajam, dan dengan warna yang akurat. Namun jika sinar matahari alami tidak ada (atau tidak mencukupi), Anda akan mendapatkan warna yang terlalu jenuh sehingga membuat gambar terlihat tidak alami.

Kamera Utama – Cahaya redup

Seperti yang dapat Anda lihat dari contoh foto, Anda mendapatkan gambar yang sangat element saat memotret dalam kondisi cahaya rendah dengan Night time Imaginative and prescient. Tidak ada saturasi warna yang berlebihan, saya juga tidak melihat adanya penajaman yang berlebihan.

Namun begitu Anda mematikan mode Night time Imaginative and prescient, Anda mendapatkan gambar yang tidak terlalu sempurna. Saya melihat ada kekaburan di sana-sini, dan detailnya juga kurang. Jika Anda punya pilihan, saya menyarankan Anda untuk tetap menggunakan Penglihatan Malam Otomatis, karena foto dalam mode itu jauh lebih tajam dan element.

Mode Potret

Dengan mode ini, Anda harus memiliki sedikit kesabaran. Jika objek yang Anda coba tangkap tidak diam sempurna, Anda bisa mendapatkan hasil yang kurang menarik. Namun, jika Anda melakukannya dengan benar, Anda mungkin mendapatkan hasil yang cukup bagus.

Kualitas Zoom

Saya telah menguji zoom 2X pada Moto G54. Seperti yang bisa Anda lihat dari contoh foto di atas, detailnya cukup tajam, dan warnanya tampak natural.

Namun demikian, Meskipun hasil jepretan terlihat bagus pada zoom 2X, kualitasnya menurun secara signifikan saat Anda memperbesarnya. Secara keseluruhan, ponsel pintar ini tidak terlalu bagus dalam melakukan zoom.

Kamera Makro

Seperti yang Anda duga, kamera makro 2MP bisa dibilang tidak berguna. Meskipun ponsel ini berfungsi dengan baik dalam memfokuskan objek dari jarak kecil, kualitas fotonya agak mengecewakan. Namun, yang mengejutkan saya adalah sebagian besar warna tampak alami. Lagi pula, Anda tidak bisa berharap banyak dari sensor ini.

Selfie

Bagi saya, kamera depan cenderung mempertajam selfie, terutama saat Anda mengambil selfie di siang hari. Namun, menurut saya warnanya tidak terlalu jenuh, yaitu kamera selfie berfungsi cukup baik dalam menangkap warna yang akurat, baik siang maupun malam.

Yang agak mengecewakan adalah tampilan selfie dalam mode Potret. Seperti yang dapat Anda lihat dari contoh foto, saya terlihat baik-baik saja sampai Anda menyentuh rambut saya. Memang benar, seperti yang kita lihat pada pendahulunya, Moto G54 tidak dapat menangani apa pun selain tepian yang tajam dan bersih dalam mode ini.

Kualitas video

Gambar Kecil Video

Gambar Kecil Video

Seperti yang saya catat di contoh video, kamera Moto G54 mampu merekam video dalam dua mode – 1080p pada 30fps atau 1080p pada 60fps. Secara default, ponsel merekam video dalam mode sebelumnya, namun Anda dapat dengan mudah beralih ke mode lainnya.

Anda tidak dapat merekam video dalam 4K dengan smartphone ini, yang tentunya merupakan kerugiannya. Namun, belum tentu merupakan hal yang besar, karena kita harus tetap memperhatikan harga ponsel ini.

Secara keseluruhan, saya yakin ponsel ini mampu merekam video yang cukup rapi tanpa element yang terlalu tajam, mengingat harganya.

Performa dan Tolok Ukur Moto G54 5G

Dapat diterima…atau benarkah?

Berbeda dengan Moto G53 generasi sebelumnya, di mana Motorola memilih SoC Snapdragon 480+ 5G, Moto G54 dilengkapi prosesor Octa-core MediaTek Dimensity 7020 dengan clock 2,2GHz dan GPU IMG BXM-8-256. Ponsel yang saya gunakan hadir dengan ruang penyimpanan inner 128GB dan RAM 4GB, dan menurut saya itu sudah cukup.

Mengenai kinerjanya, ponsel Motorola menangani tugas sehari-hari dengan kecepatan yang dapat diterima tetapi tidak memadai. Anda dapat mengharapkan performa bagus tanpa gangguan saat menonton video YouTube, menjelajahi media sosial, dan bahkan memainkan beberapa sport. Saya mengujinya dengan Name of Obligation dan NFS: No Limits, tapi saya rasa sport ini juga bisa menangani judul-judul ringan lainnya dengan baik.

Beralih antara aplikasi dan sport itu mudah, tetapi beberapa kegagapan mungkin terjadi di sana-sini saat Anda mulai mendorongnya. Namun, ada satu hal tentang kinerja ponsel ini yang membuat saya terkejut. Itu adalah fakta bahwa ia memanas dengan cukup cepat.

Tidak perlu banyak usaha untuk mulai menjadi hangat; terkadang menjadi panas hanya dengan menelusuri Fb. Segalanya tidak menjadi lebih baik ketika Anda mulai bermain sport. Tentu saja, masalah ini dapat diperbaiki dengan pembaruan perangkat lunak di masa mendatang.

Mengenai biometrik, perasaan saya campur aduk tentangnya. Meskipun pembaca sidik jari, yang diposisikan di tombol daya, tidak menyerah sama sekali, face unlock bekerja relatif sembarangan. Terkadang, ia mengenali wajah saya dari sudut yang aneh, tetapi tidak selalu berfungsi dalam cahaya redup atau jika saya mencoba tersenyum.

Sebagai catatan tambahan, orang yang suka memakai kacamata hitam berukuran besar mungkin harus melepasnya jika ingin membuka kunci ponselnya melalui opsi buka kunci wajah.

Tolok Ukur Kinerja

Geekbench 6 TunggalLEBIH TINGGI LEBIH BAIK
Motorola Moto G54915

Google Piksel 6a1428

Xiaomi Redmi Catatan 12 Professional966

Geekbench 6 MultiLEBIH TINGGI LEBIH BAIK
Motorola Moto G542265

Google Piksel 6a3313

Xiaomi Redmi Catatan 12 Professional2342

Dari metrik di atas, terlihat jelas bahwa Moto G54 5G tidak terlalu mengesankan dalam hal performa. Faktanya, ia memiliki sekitar setengah kekuatan kinerja Pixel 6a .

Moto G54 5G versi OS/Android

Pengalaman Android yang sangat bersih
The Moto G54 5G runs on Android 13 out of the field and gives a clear and seamless expertise. As an Android person, I discovered navigating by this cellphone to be as straightforward as pie, and it’s simply as pleasant, for my part.

The Moto app is ideal for people who wish to try the additional options Motorola throws to sweeten the pot. Through this app, you will get an in depth tour of the right way to use Motorola’s distinctive options, and arrange totally different gestures (extra on these follows), amongst different issues.

There’s a reasonably neat sidebar that gives fast entry to key apps like Calculator, Google Calendar, and Messages. You too can tune it to suit your style by including or eradicating apps.

Motorola’s neat and helpful gesture controls are current on its Moto G54. For context, I’ve listed a number of the different gestures you’ll be able to set on the smartphone:

  • Entry the digicam by twisting your wrist twice
  • Activate/off the flashlight with two chopping motions
  • Carry your cellphone to unlock it
  • Swipe your finger by the center of the display screen to entry split-screen mode
  • Place three fingers on the display screen for a display screen snapshot

As you’ll be able to see, these are fairly helpful and add additional comfort to the interface. When it comes to help, we count on this gadget to obtain Android 14 and about three years of safety updates. Though three years of safety updates is regular for a cellphone from this worth vary, only one main OS replace appears a bit insufficient.

Moto G54 5G Battery

Nearly sufficient

The Moto G54 5G has a 5,000mAh battery on deck that helps 20W TurboCharging.

Usually, you get a few day with average use. Whenever you’re not touching it manner an excessive amount of, you will get as a lot as a day and a half. That’s undoubtedly respectable, however I can’t say it’s tremendous spectacular, on condition that Motorola’s made it a behavior to offer customers with gadgets that last as long as two days.

With out additional ado, I recommend you try the PhoneArena battery take a look at outcomes to get a greater concept of how nicely this smartphone competes with others in the identical worth bracket.

PhoneArena Battery Take a look at Outcomes

Video Streaming(hours)HIGHER IS BETTER
Motorola Moto G5410h 8 min

Google Pixel 6a8h 51 min

Xiaomi Redmi Be aware 12 Professional10h 22 min

Net Shopping(hours)HIGHER IS BETTER
Motorola Moto G5412h 30 min

Google Pixel 6a13h 51 min

Xiaomi Redmi Be aware 12 Professional14h 4 min

3D Gaming(hours)HIGHER IS BETTER
Motorola Moto G547h 16 min

Google Pixel 6a6h 48 min

Xiaomi Redmi Be aware 12 Professional9h 33 min

On the PhoneArena looking battery take a look at, the Moto G54 5G endured 10.8 hours of video streaming and about 12 hours and a half of net looking. Whenever you play video games, this gadget will maintain going for a tad over seven hours earlier than the lights exit.

The take a look at we used consists of automated net looking and scrolling over a Wi-Fi community at a pre-set display screen brightness.

Moto G54 5G Charging Speeds

Who wants quick charging anyway?
Within the field, you get a 20W charging brick for the Moto G54 5G. There’s no wi-fi charging on deck. Additionally, in contrast to the Moto G54 5G Energy Version, this smartphone doesn’t help reverse charging.

Like its predecessor, the G54 might have supported increased charging speeds. Unbelievably, it takes over two hours to cost the smartphone utterly. Issues get even worse once you allow the Optimized Charging.

Then once more, Motorola did construct on the charging speeds, giving us 10W greater than what we acquired on the Moto G53. Nevertheless, that’s not sufficient to fulfill trendy requirements, for my part.

PhoneArena Charging Take a look at Outcomes:

Charging time(hours)LOWER IS BETTER
Motorola Moto G542h 8 min

Google Pixel 6a1h 53 min

Xiaomi Redmi Be aware 12 Professional0h 54 min

Moto G54 5G Audio High quality and Haptics

A bitter disappointment
Like many different Moto G gadgets, this one contains a Dolby Atmos-enhanced speaker system. There’s one speaker positioned on the backside of the gadget, which is assisted by an earpiece positioned on high. In idea, the Dolby Atmos system ought to produce good sound, however I used to be notably upset with what I truly acquired.

The smartphone isn’t loud sufficient. It delivers mushy mids and even worse highs. Making issues worse is the whole lack of bass. I attempted enjoying totally different music genres, however no matter I attempted, I nonetheless wasn’t getting any higher outcomes. The speaker system ought to be about sufficient when listening to podcasts or enjoying video games, however I wouldn’t advocate it for anything.

Smartphone ini memiliki jack headphone yang terletak di bagian bawah ponsel. Bertentangan dengan apa yang mungkin Anda pikirkan, hal itu bukanlah hal yang aneh untuk perangkat dalam kisaran harga ini.

Moto G54 memberikan kinerja yang layak di bagian depan haptics. Saya telah menggunakan telepon selama sekitar satu minggu sekarang dan tidak melihat adanya kelambatan saat mengetik.

Namun, ada banyak pesaing yang merogoh kocek lebih dalam tetapi memberikan peningkatan kinerja. Mari kita periksa beberapa di antaranya.

Pesaing Moto G54 5G

Kompetisi yang kejam
Seperti smartphone hemat lainnya, Moto G54 5G memiliki banyak penantang.

Galaksi A14 5G

Meski dirilis pada Maret 2023, Galaxy A14 5G merupakan alternatif Moto G54 5G yang layak. Ponsel ini sedikit lebih mahal daripada Motorola, dengan harga £209 untuk konfigurasi dasar RAM 4GB dan penyimpanan 64GB. Salah satu space di mana Galaxy berkinerja lebih baik adalah kameranya, dan tidak seperti Moto G54 5G, smartphone Samsung memiliki pengaturan tiga kamera di bagian belakang.

Meski begitu, Galaxy A14 5G memiliki kecepatan refresh yang lebih rendah dibandingkan Moto G54 5G. Yang terakhir ini juga menawarkan konektivitas Bluetooth yang lebih baik daripada perangkat Samsung dan hadir dengan lebih banyak ruang penyimpanan.

Motorola Moto G73 5G

Dengan harga €300, Moto G73 5G jelas merupakan pilihan terbaik bagi orang yang mencari ponsel dengan ruang penyimpanan dan RAM lebih besar. Perangkat ini memiliki RAM 8GB dan penyimpanan inner 256GB. Ia juga dilengkapi sistem speaker yang jauh lebih baik. Moto G73 5G juga menawarkan daya tahan baterai yang lebih baik dan memiliki SoC yang sedikit lebih baik dibandingkan Moto G54 5G.

Terlebih lagi, smartphone ini menawarkan kecepatan pengisian daya yang lebih tinggi sehingga pengguna tidak perlu menunggu berjam-jam hingga baterai terisi penuh. Selain itu, G73 5G adalah perangkat yang jauh lebih mahal daripada Moto G54 5G. Jadi, tidak mengherankan jika ini adalah pemain yang lebih memadai di antara keduanya.

Ringkasan Moto G54 5G dan Keputusan Akhir

Meskipun tidak terlalu mengesankan, Moto G54 5G masih cukup baik untuk melakukan pekerjaan itu. Benar, layarnya mungkin tidak paling terang, speakernya terbaik, atau performanya very best. Namun, itu cukup layak untuk memenuhi kebutuhan paling dasar Anda.

Tidak diragukan lagi, kecepatan pengisian daya yang tidak mengesankan mungkin membuat sebagian orang kecewa. Hal yang sama berlaku untuk kualitas kamera secara keseluruhan. Selain itu, agak mengecewakan melihat atau, lebih tepatnya, tidak melihat sensor extremely lebar. Namun kita harus tetap memperhatikan kisaran harga perangkat tersebut.

Singkatnya, selama Anda menyadari kekurangannya dan bersedia menerimanya, Moto G54 5G akan memberikan kinerja yang cukup baik untuk sebagian besar tugas sehari-hari.

Kelebihan

  • Tampilan resolusi lebih tinggi dari pendahulunya
  • 5G siap
  • Performa yang layak untuk kisaran harganya
  • Kecepatan refresh 120Hz

Kontra

  • Layar LCD mengecewakan
  • Tidak ada kamera extremely lebar
  • Buka kunci wajah tidak berfungsi dengan sempurna
  • Cepat panas
  • Kecerahan maksimum tidak very best